Sebagai Pencerahan

Ambillah Teladan dari Asiah Kesabarannya, dari Khadijah Kesetiaannya, dari Aisyah Kejujurannya, dan dari Fathimah Keteguhannya.

Minggu, 21 November 2010

Sotong Pangkong

Sotong pangkong setelah dibakar pada bara api dengan menggunakan arang kelapa atau pun arang kayu bakau sangat digemari dan hanya laku dijual pada bulan Ramadhan. Penyajiannya cukup sederhana yaitu sotong dibakar di atas api kecil agar tidak terlalu hangus, kemudian dipukul-pukul atau menurut bahasa Melayu setempat dipangkong, hingga sedikit lunak. Setelah selesai dipangkong, sotong siap disajikan dengan kuah kacang atau kuah asam pedas manis. Setiap ukuran sotong berbeda karena menentukan harga. Ada paket ekonomi seharga Rp5.000. Semakin besar sotong yang dipesan, maka harganya semakin mahal. Bahkan, per ekor sotong bisa mencapai Rp20.000 per porsinya.
Untuk memberikan pelayanan dan rasa yang terbaik, ada dua menu sotong pangkong. Yaitu usai dibakar sotong tersebut dipangkong secara tradisional hingga kelihatan empuk untuk dikunyah, menu berikutnya sebelum dibakar sotong kering tersebut digiling terlebih dahulu agar lebih lembut.
Sotong pangkong yang berada di sepanjang jalan Merdeka Barat tergolong jajanan yang ekonomis, makanya tak heran jika setiap bulan Ramadhan sotong pangkong menjadi makanan yang digemari semua lapisan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar